Masih Gengsi Makan Rebung? Baca Ini

Rebung atau tunas bambu muda sejak lama sudah populer di negara Asia sebagai salah satu makanan favorit. Sajian tradisional ini bahkan konon sudah meluas ke negara barat sebagai alternatif menu makanan di meja makan.

Begitu pun di Indonesia, rebung pun sudah menjadi bagian menu tradisional di beberapa daerah. Tanaman yang umumnya bisa dipergunakan untuk membangun rumah, pagar atau pun hiasan ini, diakui cukup populer. (Teruntuk Bengkulu, nanti akan kami ulas khusus salah satu bentuk olahan rebung yang populer yakni Lemea atau Lema)

Meski begitu, sayang kadang sebagian publik memandang rebung sebagai makanan tak istimewa. Tak jarang ada yang beranggapan bahwa rebung justru hanya dikonsumsi oleh mereka di pedesaan atau lebih pahitnya lagi adalah untuk orang melarat.

Stigma itu cukup kuat beredar di Indonesia, dan atas itu juga kadang menu rebung jauh kalah populer dibanding makanan cepat saji yang justru kebarat-baratan.

rebung bambu
Tunas bambu yang umumnya dipergunakan untuk bahan makanan/wikimedia.org

Padahal sejumlah riset telah membuktikan bahwa rebung bukanlah makanan biasa. Ia lahir dari tradisi zaman dahulu dan terbukti memang memiliki khasiat istimewa yang tak bisa dipandang sebelah mata.

Lalu apa hebatnya rebung? Mengutip dari berbagai sumber, rebung ternyata memiliki beragam khasiat penting jika dikonsumsi. Berikut sejumlah keistimewaan si Rebung:

Menurunkan berat badan

Rebung bermanfaat untuk membantu proses penurunan berat badan. Kandungan kalori, karbohidrat, gula serta lemak dalam rebung terbukti sangat rendah, bahkan hampir tidak ada. Karena itu buat yang ingin berdiet, ada baiknya mengkonsumsi menu ini.

Menjaga Kesehatan Jantung

Dalam sebuah studi, rebung terbukti membantu melarutkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Dengan itu, kandungan ajaib rebung bisa membantu kelancaran arteri darah ke seluruh tubuh.

Mencegah kanker

Rebung memiliki sifat untuk mengendalikan kanker. Ia mengandung zat alami bernama Fitokimia yang dipercaya mencegah kanker dan mengurangi risiko pengerasan arteri.

Menyehatkan pencernaan

Rebung dikenal memiliki serat yang tinggi. Karena itu, ia bisa membantu menyehatkan pencernaan dan menjaga usus agar tetap sehat.

Anti racun

Konon, orang India kuno telah menggunakan ekstrak rebung untuk membantu mengeluarkan racun seperti gigitan binatang berbisa. Zat ajaib rebung pun dianggap sebagai antiracun yang efektif.

Mencegah hipertensi

Penelitian menunjukkan bahwa rebung memiliki senyawa kalium dalam jumlah tinggi. Kalium merupakan elektrolit yang juga bisa menurunkan dan menjaga tekanan darah. Karena itu, rebung juga bisa membantu mencegah hipertensi bagi pengidapnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s